4 Kesalahan Saat Mengatur Keuangan Anak

Published by: 0

Ajari Anak Mengelola Uang Sejak Dini

Liputan6.com, Jakarta – Semua orang tua selalu ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Salah satu cara orang tua agar anaknya mendapatkan yang terbaik dalam menjalani kehidupannya adalah dengan selalu memenuhi kebutuhannya.

Salah satunya adalah kebutuhan keuangannya. Untuk hal keuangan, mulai dari makanan, urusan pendidikan, kesehatannya kelak di masa depan sudah diatur oleh para orang tua sedemikian mungkin, agar sang anak mendapatkan yang terbaik.

Namun tahukah Anda, seringkali para orang tua juga melakukan beberapa kesalahan dalam mengatur keuangan untuk anaknya, sehingga bukanya dapat memenuhi kebutuhan anak, malah semua yang telah direncanakan untuk kebaikan anak-anaknya menjadi rusak begitu saja.

Kita boleh menunjukkan rasa kasih sayang kita pada anak, namun untuk hal keuangan, tentunya semua membutuhkan perhitungan dan harus dihindarkan dari kebiasaan yang akan membuat keuangan malah menjadi kurang stabil.

Simak beberapa kesalahan yang terkadang dilakukan orang tua dalam mengatur keuangan untuk anaknya seperti dikutip dari Cermati.com:

[baca juga pinjaman dana tunai ]

1. Tak Mengajarkan Prioritas pada Anak

Dalam hal ini, yang terjadi adalah para orang tua terlalu royal pada anak-anak mereka, sehingga apa saja yang anak butuhkan cenderung selalu dipenuhi oleh para orang tuanya. Apa yang sang anak inginkan selalu dipenuhi.

Tentu saja hal ini kurang tepat dilakukan para orang tua, karena seharusnya menyayangi anak adalah dengan mengajarkan prioritas dalam hidupnya. Utarakan pada sang anak bahwa dibandingkan keinginannya tersebut, ada prioritas kebutuhan yang lebih penting untuknya di masa depan kelak.

2. Tidak Mengajarkan Nilai Uang

Sebagai orang tua sebaiknya Anda juga perlu mengajarkan anak mengenai pentingnya nila uang. Ajarkan pada mereka bahwa memperoleh uang sangatlah tidak mudah. Sebagai orang tua Anda harus kerja keras terlebih dulu untuk mendapatkannya.

Setelah mendapatkan uang, beritahukan pada anak kita bahwa kita harus menghargai uang dengan cara tidak menghamburkannya untuk kebutuhan yang tidak penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *