Bhineka Tunggal Ika Mencegah Radikalisme

Published by: 0

Bhineka Tunggal Ika Mencegah Radikalisme

Sebagai bangsa yang lahir di Indonesia kita seharusnya bangga dengan keragaman yang dimiliki oleh negara Indonesia. Siapa yang tidak tahu Indonesia? Negara yang terdiri dari berbagai kepulauan yang membuat lahirnya suku, ras, agama dan bahasa yang berbeda-beda menjadi ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki bangsa lain. Terlahir dan besar di lingkungan yang (katanya) minoritas tidak perlu membuat seseorang menjadi  takut atau minder dengan isu radikalisme yang akhir-akhir ini berkembang pesat. Isu-isu soal perbedaan agama yang mudah sekali memengaruhi masyarakat untuk saling mengkotak-kotakkan diri dan menjauhi seseorang hanya karena berbeda agama. Di Jakarta isu ini sangat terasa sekali. Kerukunan antar umat beragama seakan runtuh dan tidak bisa menyatu lagi seperti semula, seperti apa yang telah diajarkan nenek moyang kita terhadap cucu-cucunya, kita seakan lupa dasar negara kita yaitu pancasila dan lupa dengan semboyan bangsa kita yaitu Bhineka Tunggal Ika.

bhineka tunggal ika

Kita tidak peduli dengan isu-isu yang memecah – belah kerukunan satu sama lain, selalu hidup berdampingan dan saling menghargai. Seperti contoh, ketika bulan ramadhan masyarakat dari agama lain ikut untuk menjual santapan buka puasa di lingkungan mereka, begitu pula ketika hari raya agama lain, masyarakat muslim turut berbagi kebahagiaan dan menjaga situasi tetap kondusif. Hal ini terjadi karena kita memiliki sikap toleransi yang tinggi dan pengetahuan yang luas sehingga tidak mudah hanyut dalam provokasi isu radikalisme. Begitu bangganya dapat dihargai dan menghargai satu sama lainnya.

Sebagai bangsa yang memiliki toleransi tinggi terhadap sesama, maka sudah sepatutnya kita mengajak generasi muda dan seluruh komponen bangsa untuk tidak lengah akan ancaman radikalisme di luar sana. Bersama-sama kita membela negara dengan cara saling menghargai, toleransi tinggi agar tercipta suasana damai dan sejahtera sehingga radikalisme pun tidak dapat memecah belah bangsa ini. Dengan demikan kita sebagai bangsa yang besar harus mampu bersatu dan menjadi pelopor bagi keberagaman dan kerukunan di tengah perbedaan yang ada demi mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan berbekal semboyan “Bhineka Tunggal Ika”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *