Cara Memasak untuk Menjaga Kandungan Gizi Alami Makanan

Published by: 0

Screenshot_11

Bahan makanan bergizi dapat kehilangan nilai nutrisinya bila kita salah dalam membuatnya. Walau sebenarnya, gizi dalam kondisi alami bertindak perlu dalam system imun badan karena lebih gampang diserap badan.

” Pemrosesan makanan begitu merubah kandungan gizinya. Umpamanya saja protein yang dalam suhu tinggi dapat rusak, ” kata dr. Diana F. Suganda, MKes, SpGK, dalam acara media diskusi di Jakarta (23/10/2017).

Untuk sistem pemrosesan protein, umpamanya ayam, telur, atau ikan, Diana mereferensikan untuk di rebus, kukus, tumis, pepes, atau panggang. Di buat sup juga dianjurkan.

Satu diantara langkah pemasakan yang dapat kurangi nilai gizi makanan yaitu penggorengan dengan suhu tinggi.

” Bila juga menginginkan digoreng, janganlah deep fried dengan minyak banyak, tapi gunakan minyak cuma untuk melumawi wajan, lantas kadang-kadang di balik supaya matangnya rata, ” kata dokter dari RSIA Asih Jakarta ini.

Disamping itu, pemakaian minyak zaitun atau minyak jagung juga janganlah dipanaskan. ” Cuma untuk menumis atau dituangkan paling akhir waktu usai menumis dan digabungkan dalam salad, ” ucap Diana.

Minyak yang mempunyai lemak baik, seperti minyak canola, jagung, atau zaitun, juga akan beralih jadi lemak jemu bila dipanaskan.

Diana juga mereferensikan supaya sayuran tidak di rebus hingga masak supaya kandungan vitamin di dalamnya tidak larut di air.

” Memanglah tidak semuanya makanan tidak bisa dikonsumsi masak. Bergantung type makanannya. Umpamanya saja telur 1/2 masak, bila keadaan badan tengah tidak fit malah dapat mengakibatkan penyakit karena mungkin saja masih tetap memiliki kandungan bakteri, ” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *