Ganti Ban Tubeless, Tak Perlu Ganti Velg?

Published by: 0

Screenshot_7

Dadan, ingindara Honda Vario 125, punya niat untuk ganti ban tubetype jadi ban tubeless. Argumennya, ban matik kepunyaannya terus-terusan bocor, bahkan juga pernah sehari ia menambal ban sejumlah 2 x.

Tetapi nyatanya, tak dapat dan merta ganti ban tubetype dengan ban tubeless. Sisi velg juga mesti ditukar.

” Bila ban tubeless itu kan mesti velg racing, bukanlah yang jari-jari seperti saat gunakan ban umum. Jadi memanglah mesti ubah velg dahulu, ” tutur Mahdin, mekanik Ibana Jaya Oil yang terdapat di Depok, Jawa Barat, pada Liputan6. com.

Menurut dia, hal semacam ini karena sebab pada velg jari-jari ada lubang, sesaat prasyarat pemakaian ban tubeless yaitu tak bisa ada lubang sekalipun.

Walau demikian, sebenarnya velg jari-jari dapat juga dipaksakan memakai ban tubeless. Disebutkan dipaksa, lantaran sisi dalam velg mesti lebih dahulu dilapis ban dalam tubetype yang telah dipotong 1/2. Ban dalam ini berperan untuk tutup rongga-rongga tempat dudukan jari-jari velg.

Bila menginginkan memakai langkah tersebut, jadi mesti di pastikan kalau ban dalamnya miliki ring yang lebih kecil di banding ban dalam standard.

Diluar itu, langkah yang lain yaitu memakai manset atau selendang karet yang juga berperan untuk tutup permukaan dalam velg. ” Dasarnya ditutup dahulu lubangnya. Namun tetaplah, sebenarnya cara tersebut kurang optimal, ” tutup Mahdin.

 

Sumber: http://otomotif.liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *