Jangan Heran Bila Airbag Tidak Mengembang Pada Kondisi Kritis

Published by: 0

Screenshot_6

Telah sepatutnya, kendaraan yang mengedar sekarang ini diperlengkapi feature keselamatan mumpuni, seperti airbag. Kantung hawa ini jadi satu diantara feature paling utama yang perlu serta harus disematkan.

Terakhir, beberapa pabrikan sering lakukan recall pada airbag. Argumennya, waktu airbag mengembang, ada partikel yang bisa mengakibatkan cidera pada penumpang atau ingindara.

Diluar itu edukasi masalah utamanya airbag di Indonesia nyatanya masihlah minim. Walau sebenarnya airbag adalah piranti penambahan yang harus ada sesudah sabuk keselamatan.

Menurut Service Manager Plaza Toyota Parman Suanda, pada intinya airbag bisa dipasang di sebagian titik dalam kendaraan.

“Airbag (umumnya ada di) sisi pengemudi, sisi lutut, sisi samping, sisi gorden. Yang butuh dicatat posisi pemasangan airbag bisa tidak sama di tiap-tiap jenisnya, ” tutur Parman pada Liputan6. com dalam pesan secara singkat, Senin (20/3/2017).

Parman menyampaikan, walau mobil sudah dibenamkan airbag, tetapi kenyataannya, piranti keselamatan itu mungkin tak mengembang.

Ingin tahu, keadaan apa sajakah yang bikin feature keselamatan ini mengembang atau malah tak, tersebut penjelasannya :

Sistem airbag mengembang
Airbag Mengembang

Airbag bakal mengembang bila tingkat bentrokan diatas ambang yang didesain, yakni :

Pertama, pada kecepatan kendaraan pada 20 – 30 km/jam (berdasar pada info buku tips yang memiliki Toyota) saat menabrak dengan cara frontal penghambat permanen yg tidak bergerak atau beralih bentuk.

Ke-2, batas kecepatan bisa beralih jadi lebih tinggi jika mengenai satu penghambat yang bisa bergerak atau beralih bentuk (contoh kendaraan yang tengah parkir).

Ketiga, bentrokan keras di bagian bawah kendaraan.

Airbag menghempaskan serpihan benda tajam waktu mengembang.
Airbag Peluang Tak Mengembang

Ada peluang airbag tak mengembang. Ada prasyarat keadaan bentrokan yang menyebabkan kerja airbag. Karenanya sering kali waktu berlangsung kecelakaan airbag tak mengembang. Keadaan bentrokan itu tak terdeteksi sensor.

Tersebut sebagian peluang airbag tak mengemmbang :

Pertama, menabrak tiang pas di dalam.

Ke-2, menabrak objek yang lebih tinggi.

Ketiga, bentrokan dari belakang.

Ke empat, bentrokan menyudut.

Ke lima, kendaraan terguling

Ke enam, bentrokan dari arah samping. Tetapi lain perihal bila kendaraan yang disebut sudah di kompliti airbag samping.

 

Sumber: http://otomotif.liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *