Kebutuhan Atap dari bahan baja ringan

Published by: 0

atap-rangka-baja-ringan-dan-genteng-metal-2

Untuk kebanyakan penduduk di ibukota Jakarta dan sekitarnya, Saat ini banyak yang mencari aplikator yang jual baja ringan murah Jakarta untuk atap rumah mereka. Karena biasanya hal ini di sebabkan atap rumah mereka yang terbuat dari bahan kayu sudah mulai lapuk atau sudah keropos karena di makan rayap. Rayap sangat berbahaya bagi sebuah rumah yang banyak terbuat dari kayu.

atap-rangka-baja-ringan-dan-genteng-metal-2

atap-rangka-baja-ringan-dan-genteng-metal-2

Karena Rayap suka sekali akan kayu. Dan cara para koloni rayap ini dalam mengkonsumsi kayu tidak bisa di deteksi, karena kayu yang biasanya di makan rayap akan tampak tetap bagus dari penampilan luarnya. Padahal di dalamnya sudah habis dan keropos di makan oleh para rayap tersebut. Kalau kayu atap sudah keropos maka akan sangat riskan dan berpotensi bagian atas rumah tersebut akan rubuh dan membahayakan para penghuni rumah yang sedang berasa di dalamnya.

Untuk menghindari resiko tersebut maka di cari dan di buatlah bahan alternative yang lebih baik dari kayu yang dapat menggantikan atap rumah dari resiko di makan rayap dan runtuh menimpa orang yang tinggal di dalamnya.

Bahan dasar baja ringan dirasa akan sangat cocok. Karena baja adalah logam dan tidak akan bisa di makan oleh para rayap. Selain itu beratnya sangat ideal karena sangat ringan sehingga tidak membebani rumah. Baja ringan ini bahan dasar nya adalah berbentuk lembaran panjang yang di produksi dari pabrik berupa koil gulungan dan tipis nya bervariasi. Di antara nya ada yang punya ketebalan o,2 sampai 1 milimeter. Setelah itu bahan dasar ini di bentuk dengan mesin roll press membentuk sesuai dengan yang di butuhkan. Di antara bentuk-bentuk hasilnya adalah berupa canal, reng dan genteng metal.

Bahan-bahan ini di rangkai menjadi satu oleh para pemasang atap atau biasa di sebut para aplikator untuk menjadikan sebuah atap yang layak dan rapi serta tidak bocor di atas rumah yang di inginkan.

Untuk merangkai dan memasang atap baja ringan ini tidak bisa di lakukan dengan sembarangan atau asla pasang saja, karena ada hitungan khusus dan tehnik tertentu untuk memasangnya. Agar hasil dari pemasangan atap ini terlihat rapid an cantik tapi juga tidak bocor atau runtuh. Dibutuhkan suatu pengetahuan tentang konstruksi bangun terutama untuk bidang yang berbentuk segtiga. Dalam hal ini harus bisa di sesuaikan dengan bidang rumah dan bentuk rumah nya. Sehingga bentuk atap dan bentuk rumah nya bisa serasi dan proporsional.

Kunci dari hasil pemasangan atap yang baik salah satunya adalah derajat kemiringan dari atap tersebut. Apabila terlalu landai maka pada saat hujan turun, air yang jatuh bisa menjadi genangan  dan membuat atapnya bocor. Tingkat kemiringan yang umum di pakai oleh kebanyakan aplikator dalam memasang atap rumah adalah sekitar 30 derajat. Jalur air pada saat hujan turun juga perlu diperhatikan seperti adanya talang air dan buangan jalur talang ke bawah atau mengarah ke tanah.

Talang ini juga perlu di periksa secara berjangka oleh pemilik rumah. Apalagi apabila didekat rumah terdapat pohon-pohon yang tinggi dan berdaun banyak. Karena talang bis menjadi penyebab kebocoran. Hal ini di sebabkan karena terdapat banyak sampah atau daun di dalam talang yang menghambat kelancaran dari jalur perjalanan air pada saat musim hujan. Pada saat air terhambat oleh sampah dan daun maka air hujan yang turun dari atap akan menggenang dan mengalir balik ke ujung-ujung atap dan merembes menetes ke dalam plafon terus turun ke dalam rumah.

Maka untuk menghindari hal tersebut terjadi sebaiknya di lakukan pemeriksaan dan pembersihan berkala terhadap atap rumah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *