Ketahui 5 Penyakit Mata yang Sering Terjadi

Published by: 0

screenshot_5

Melindungi kesehatan mata sama utamanya dengan melindungi kesehatan anggota badan yang lain. Menurut pakar mata Ravi D. Goel dari Wills Eye Surgical Network, New Jersey, mata yaitu organ vital yang bisa memengaruhi kesibukan harian Anda serta kwalitas hidup.

Satu penyakit atau trauma yg tidak terduga, bisa memengaruhi pandangan Anda. Diluar itu, sebagian penyakit seperti degenerasi makular yaitu permasalahan yang serius untuk mata.

Terdapat banyak penyakit yang seringkali menyerang sisi mata Anda berdasar pada beberapa pakar dari American Academy of Ophthalmology seperti ditulis Womenshealthmag, Selasa (22/11/2016) :

1. Glaukoma

Glaukoma adalah penyakit mata yang mengakibatkan kerusakan saraf optik mata, yang kirim info visual ke otak Anda. Berdasar pada data dari WHO, penyakit ini jadi penyebabnya ke-2 kebutaan didunia. Kian lebih 3 juta orang di Amerika mempunyai glaukoma, tetapi cuma beberapa dari mereka yang menyadarinya.

Glaukoma memanglah tak mempunyai tanda-tanda pada awalnya. Tetapi, didalam mata Anda alami desakan yang bertambah serta titik-titik kebutaan berkembang di segi pandangan Anda. Titik ini dapat tak terdeteksi hingga saraf optik mempunyai rusaknya yang serius atau kontrol mata komplit oleh dokter.

Untuk menghindar glaukoma, baiknya kerjakan teliti mata mulai sejak umur mencapai 40 th.. Bila mempunyai kisah penyakit mata di keluarga Anda, resiko terserang glaukoma semakin lebih besar.

2. Katarak

Katarak nampak saat lensa alami mata Anda jadi seperti kabur. Nyaris semuanya pasien yang usianya makin tua alami katarak. Penyakit ini bisa berlangsung lebih cepat pada pasien yang merokok, kerap terserang paparan cahaya matahari yang penting atau menanggung derita trauma.

Tanda-tanda katarak kerap bertahap, dari mulai pandangan yang kabur, silau atau ada lingkaran sinar, sensitivitas kontras menghilang atau pandangan ganda dalam satu mata.

Katarak cuma dapat sembuh lewat operasi. Operasi modern yang berkembang sekarang ini cuma dikerjakan dengan bikin sayatan kecil kurang dari 3 milimeter. Bila tak operasi, mata Anda bakal makin alami penurunan penglihatannya dari saat ke saat serta operasi semakin lebih susah bila katarak telah kronis.

3. Konjungtivitis

Penyakit ini lebih di kenal dengan sebutan ‘pink eye’. Konjungtivitis adalah penyakit yang paling umum berlangsung. Ini berlangsung saat jaringan yang pasti diatas sisi putih mata Anda alami radang. Ini bikin mata Anda berwarna merah muda juga gatal, atau berair. Kelopak mata juga mungkin saja bakal tutup sedikit hingga dapat bikin pandangan kabur.

Konjungtivitis ini dapat menular. Karena itu, teratur membersihkan tangan Anda serta tak sharing handuk atau bantal dengan orang lain. Umumnya, penyakit ini pulih kurun waktu 10 hari.

3. Degenerasi makula

Age related macular degeneration (AMD) yaitu penyebabnya paling umum kebutaan orang dewasa di Amerika sekarang ini. Penyakit ini menyerang sisi makula, daerah kecil pada retina mata yang menolong lihat dengan cara terang serta detil, alami rusaknya.

Penyakit ini tak mempunyai tanda-tanda yang segera. Namun, janganlah abaikan masalah pandangan Anda. Baiknya, apa pun pergantian pandangan yang Anda alami, selekasnya hubungi dokter. Tak ada langkah untuk menghindar AMD. Tetapi, Anda dapat memperlambat perubahannya dengan mengontrol desakan darah, konsumsi makanan sehat untuk mata, melindungi badan dari kegemukan, jauhi merokok serta teratur memeriksakan mata.

4. Ablasi retina

Penyakit ini berlangsung saat retina, jaringan peka mata yang kirim pesan bergambar ke otak Anda, keluar dari posisinya. Ini benar-benar sangat tidak sering berlangsung. Bahkan juga sebagian studi menyampaikan cuma 1 % dari populasi yang meningkatkan penyakit ini.

Satu diantara gejalanya pada sebagian pasien, mereka lihat bayangan gelap buram diawali dari beberapa segi mata serta perlahan-lahan mulai melebar. Bila Anda alami tanda-tanda itu, selekasnya ke dokter mata.

 

Sumber: http://health.liputan6.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *