Komponen dan Tips Membangun Tangga Arsitektur Rumah Minimalis

Published by: 0

sumber: http://buzzet.net

Tangga arsitektur rumah minimalis merupakan bagian penting dalam sebuah rumah dengan dua lantai. Dalam membangun tangga, anda harus memahami komponen-komponen dan ketentuan yang sesuai untuk membuat sebuah tangga yang nyaman. Anda harus mengetahui rasio anak tangga yang tepat untuk rumah tangga.

sumber: http://buzzet.net

sumber: http://buzzet.net

Ketinggian anak tangga yang nyaman sebagai pijakan adalah 18 cm. jangan membuat anak tangga terlalu curam atau terlalu pendek. Usahakan membuat ukuran anak tangga yang tepat.

coba gunakan Jasa Arsitek yang berkompeten dan memiliki pengalaman yang banyak untuk mendesainkan untuk Anda.

Selain itu, anda harus memperhatikan jarak horizontal anak tangga bagian depan ke belakang yang juga sering disebut dengan Run. Sesuaikan lebar Run dengan tinggi anak tangga. Jangan telalu sempit karena bisa menyebabkan kaki terpeleset. Jangan terlalu lebar supaya jangkauan kaki tepat dan tidak kelelahan.

Anda harus konsisten dalam menerapkan ukuran di setiap anak tangga. Sehingga pengguna tangga akan merasakan ritme yang sama ketika menaiki atau menuruni tangga rumah anda tersebut. Dalam membangun tangga, beberapa desain membutuhkan Overhang, yaitu pijakan tumit di bagian anak tangga.

Namun untuk desain tangga modern biasanya bagian ini dihilangkan. Tangga rumah anda sebaiknya juga mempertimbangan bagian Riser, yaitu pembatas antara anak tangga yang satu dengan yang lainnya. Riser ini bisa saja ditiadakan untuk keperluan desain yang menawan. Namun, anda sebaiknya mempertimbangkannya apabila di rumah anda terdapat anak kecil. Karena tanpa Riser di tangga rumah anda bisa berbahaya bagi anak-anak.

Membangun tangga arsitektur rumah minimalis juga harus mempertimbangkan model yang tepat. Model-model tangga sangat beragam, antara lain Model Tangga L, Model Tangga U, Model Tangga Spiral, Model Tangga Lingkar, Model tangga Cabang, dan masih banyak lagi model-model yang dapat anda sesuaikan dan kembangkan sesuai desain rumah minimalis anda.

Memiliki hunian yang menggunakan langgam atau gaya minimalis, Anda diharuskan mampu memanfaatkan ruangan yang tidak begitu besar sehingga tatanan ruang terlihat bagus dan tidak sumpek, apalagi jika Anda menghendaki untuk meletakkan furnitur yang cukup besar pada ruangan Anda.

Salah satu problema yang seringkali dihadapi adalah saat merancang rumah 2 lantai minimalis  yaitu desain pembuatan tangga. Biasanya susunan anak tangga ini sering menyisakan ruang kosong di bawahnya sehingga terlihat boros dalam penggunaan ruangan. Akan tetapi dengan berkembangnya jaman, Arsitek sekarang ini melakukan inovasi yang lebih kreatif dalam mendesain tangga sehingga tangga yang dihasilkan pun selain memiliki keindahan dan funsional juga mampu menghemat space ruangan.

Mau lihat bagaimana saja ide-ide yang inovatif dari para Arsitek di era Millenium ini? Simak saja berikut ini:

  1. Desain Tangga Terjal
sumber: liputan6.com

sumber: liputan6.com

Desain ini adalah salah satu solusi menghadapi luas ruangan yang terbatas, Anda dapat mendesain tangga yang menarik dari bahan kayu dan bergaya minimalis.sehingga hunian mungil Anda terlihat tertata rapi.

Bila Anda tidak terbebani dengan menaiki tangga yg cukup terjal maka desain seperti ini cocok diterapkan di rumah Anda. Strateginya adalah dengan meminimalisir bagian yang memiliki bidang horizontal.

Desain Tangga Arsitektur Rumah Minimalis ini terlihat manis dan elegan namun harus dipertimbangkan apakah di rumah Anda mempunyai anak kecil yang akan kesulitan saat menaiki tangga ini. Demikian pula jika ada nenek atau kakek yang lanjut usia yang tinggal dengan Anda, pasti hal ini akan menyulitkan mereka atau cenderung berbahaya untuk mereka.

  1. Bermain Inovasi yang Kreatif
sumber: liputan6.com

sumber: liputan6.com

Anak tangga yang menggunakan batu bata yang diplester aci kemungkinan agak terlihat membosankan dan terlalu umum juga menimbulkan kesan yang sempit. Agar mampu menghadirkan penampilan dengan kesan yang fresh dan minimalis, Anda dapat memilih warna putih atau material kaca di bagian anak tangga rumah.

Bukan cuma di bagian railing tangga saja, tetapi Anda dapat juga berinovasi dengan kreatif menggunakan material yang transparan seperti kaca sebagai pijakan anak tangga. Salah satu contoh desainnya seperti yang Anda bisa lihat di gambar.

  1. Tangga Ulir yang Keren dan Nyaman
sumber: liputan6.com

sumber: liputan6.com

Tangga Arsitektur Rumah Minimalis Ulir biasanya memang banyak dipakai orang untuk menghemat ruang. Akan tetapi biasanya tangga jenis ini biasanya kurang menarik dan kurang kokoh ketika diinjak. Namun seiiring kemajuan jaman tangga ulir pun mampu menjadi salah satu solusi di rumah yang tidak terlalu luas ruangannya, baik dari fungsinya maupun dari segi penampilannya yang sangat elegan.

  1. Transisi Anak Tangga
sumber: liputan6.com

sumber: liputan6.com

Rancangan anak tangga berupa transisi yang dipisahkan di tengahnya dapat berhemat area space dalam rumah minimalis Anda. Contoh pada gambar sangat cocok diaplikasikan pada rumah bertingkat 3, tetapi tidak menutup kemungkinan sisa ruangan tersebut dapat difungsikan sebagai tempat meletakkan lemari / rak buku.

  1. Fungsikan Anak Tangga sebagai tempat Penyimpanan
sumber: liputan6.com

sumber: liputan6.com

Apabila Anda terpaksa mengaplikasikan anak tangga dengan ukuran yang tergolong lebar disertai kemiringan yang landau. Anda bisa memodifikasi anak tangga tersebut menjadi deretan laci geser. Dengan begitu, ruangan yang tersisa dapat Anda gunakan untuk menyimpan berbagai jenis barang, dari pakaian, majalah, buku, kain, sampai dengan ke perlengkapan dan permainan anak. Selamat berkreasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *