Langkah sehat serta aman memberi buah serta sayuran pada burung kicauan

Published by: 0

Buah serta sayuran mempunyai kandungan nutrisi yang begitu baik untuk kesehatan, baik pada manusia ataupun hewan piaraan seperti burung kicauan. Sebelumnya diberikan pada burung, umumnya kita mencucinya lebih dahulu. Tetapi membersihkan buah serta sayuran dengan air saja tidaklah cukup untuk membersihkannya. Pasalnya, buah serta sayuran tidak cuma kotor oleh debu, namun kadang-kadang juga memiliki kandungan pestisida, susunan lilin, jamur, bahkan juga bakteri. Di bawah ini langkah sehat serta aman memberi buah serta sayuran pada burung kicauan.

Beberapa besar buah serta sayuran yang di jual di market, kecuali product organik, memiliki kandungan pestisida dengan kandungan yang tidak sama. Beberapa petani yang masih tetap mengaplikasikan system pertanian konvensional umum memakai pestisida, karna beragam argumen :

Menghindar tidak berhasil panen akibat serangan hama serangga, tikus, serta bakteri.
Tanah dengan system pertanian konvensional harus disuburkan dengan pupuk kimia (non-organik) setiap saat habis panen.
Bila buah serta sayuran non-organik segera diberikan pada burung piaraan, pasti bisa menyebabkan masalah kesehatan, terlebih yang terkait dengan system saraf serta pencernaan burung. Terlebih bila kandungan pestisida pada sayuran serta buah melebihi ambang kewajaran

Karenanya, sebelumnya diberikan pada burung kicauan yang paling disayangi dirumah, baiknya Anda butuh lakukan beberapa hal di bawah ini, supaya buah serta sayuran sehat serta aman untuk burung yang mengonsumsinya :

Membersihkan buah serta sayuran dengan sabun

Pestisida yang ada pada buah serta sayuran tidak bisa hilang bila cuma dicuci dengan air umum. Bahkan juga sabun bersihkan umum juga belum pasti dapat mengenyahkan sisa-sisa pestisida.

Manfaatkanlah sabun pencuci spesial yang aman dipakai untuk buah serta sayuran. Sekarang ini di market sudah mengedar beragam merk sabun dengan kwalifikasi seperti itu.

Rendamlah buah/sayuran di air yang telah ditetesi sabung pencuci spesial itu sepanjang sebagian menit. Kemudian, basuh dengan air mengalir untuk bersihkan sisa-sisa sabunnya.

Bikin sabun pencuci spesial buah/sayuran

Bila masih tetap kesusahan memperoleh sabun pencuci spesial buah/sayuran, tidak ada kelirunya Anda bikin sendiri dirumah. Langkahnya, campur air perasan jeruk lemon (1 sendok makan), backing soda (2 sendok makan), serta air bersih (250 ml).

Kemudian, masukan kombinasi tadi kedalam botol semprot/sprayer. Langkah pemakaiannya, semprotkan cairan itu pada buah/sayuran, lalu diamkan sepanjang 5-10 menit. Kemudian dibasuh dengan air sampai bersih.

Membersihkan buah serta sayuran dengan air garam

Kombinasi air serta garam dapat juga dipakai untuk bersihkan sisa-sisa pestisida, jamur, dan bakteri yang melekat pada permukaan buah/sayuran. Langkahnya, rendam buah/sayuran pada wadah yang diisi kombinasi air garam sepanjang 10 menit. Kemudian, dibasuh dengan air bersih.

Membersihkan buah dengan cuka

Cuka dapat juga dipakai untuk bersihkan buah dari bakteri serta memecah susunan lilin pada product. Langkahnya, semprotkan cuka ke buah, lalu segera dibasuh dibawah air mengalir. Untuk hasil yang lebih optimal, buah di rendam dalam kombinasi air serta cuka sepanjang 10 menit, kemudian dibasuh sampai bersih.

Mengupas kulit buah

Langkah lain yang tidak kalah efisien yaitu buang/mengupas sisi kulit buah sebelumnya diberikan pada burung. Langkah tersebut cukup ampuh menyingkirkan sisa-sisa pestisida terlebih pada buah apel yang seringkali terkontaminasi daripada type buah yang lain. Sebelumnya dikupas, baiknya buah dicuci dahulu sampai bersih, untuk menghindar pestisida serta bakteri beralih ke daging buahnya.

Sekian panduan aman serta sehat dalam mengelola buah serta sayuran sebelumnya diberikan pada burung kicauan.

Mudah-mudahan berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *