Legenda Dunia Bawah Tanah dan Hollow Earth

Published by: 0

Legenda Dunia Bawah Tanah dan Hollow Earth

Terdapat beberapa Legenda dari beragam lokasi didunia yang bercerita tentang ada dunia lain didalam perut bumi. Sedikit yang menyimpan perhatian pada legenda-legenda ini hingga seseorang ilmuwan terkenal mengangkatnya kedalam bebrapa komunitas sains. Inspirasi bila bumi kita mempunyai rongga sesungguhnya bukanlah suatu hal yang baru.

Legenda dunia bawah tanah

Pada saat Sumeria kuno, dunia bawah tanah telah pernah disinggung dalamEpic of Gilgamesh. Di Babylonia, ada cerita tentang turunnya Ishtar ke dunia bawah tanah. Dalam buku Mesir Kuno ” Egyptian book of the Dead “, dunia dibawah tanah juga disinggung berulang-kali.

Legenda Dunia Bawah Tanah dan Hollow Earth

Dalam legenda suku Indian Hopi, bahkan juga ada tips untuk kita untuk dapat masuk kedalam perut bumi yang berongga. Menurut suku ini, dunia yang kita diami yaitu dunia ke empat. Tiga dunia yang lain ada didalam perut bumi serta satu diantara pintunya ada diantara ngarai-ngarai raksasa Colorado.

Mungkin saja yang paling menarik dari semua yaitu legenda Tibet tentang Agharta yang secara harfiah bermakna ” Kerajaan bawah tanah di pusat bumi di mana raja dunia memerintah “.

Menarik, lantaran orang-orang Tibet menggambarkannya dengan cukup komplit. Bahkan juga menurut mereka, kerajaan Shambhala yang misterius juga ada didalam perut bumi.

Layak, tak ada yang dapat menemukannya.

Sesudah cukup lama di kenal didalam legenda-legenda kuno orang-orang dunia, inspirasi kalau bumi ini mempunyai rongga mulai memperoleh tempat didunia sains moderen.

Hollow Earth dalam Sains

Kian lebih 2. 000 th. waktu lalu, Plato memanglah sudah menyinggung ada lorong-lorong bawah tanah yang membuat susunan bumi. Tetapi, pandangan ini baru memperoleh perhatian saat dicetuskan oleh ilmuwan terkenal bernama Edmund Halley.

Edmund Halley (1656-1742) yaitu seseorang astronom Inggris yang secara pas sukses mengkalkulasi orbit komet yang melalui bumi tiap-tiap 76 th.. Kita mengenalnya sebagai komet Halley.

Ia mencetuskan inspirasi tentang hollow earth pada th. 1692. Menurut dia, dibawah kerak bumi yang setebal 500 kaki, ada ruangan berongga yang di dalamnya mempunyai atmosfer yang mensupport kehidupan.

Untuk kita yang mendengarnya, mungkin saja menduga Halley terjerat kedalam pseudo science yang mendasarkan teorinya pada legenda semata. Tetapi, nyatanya ia miliki argumen sains yang cukup masuk akal.

Bahkan juga ia menuangkannya kedalam satu paper yang mempunyai judul cukup panjang, yakni : ” An akun of the cause of the change of the variation of the magnetical needle with an hypothesis of the structure of the internal parts of the earth : as it was proposed to the Royal Society in one of their later meetings “.

Teori ini di ambil oleh Halley lantaran ia temukan ada sebagian macam didalam medan magnet bumi. Satu diantaranya, menurut dia, yaitu medan magnet yang datang dari bola didalam perut bumi. Ini membuatnya berkesimpulan bila ada empat bola konsentris berongga didalam perut bumi. Bola-bola berongga ini mempunyai atmosfer yang dapat mensupport kehidupan.

Menurut dia, Aurora borealis yang kerap tampak di kutub sesungguhnya yaitu gas bersinar didalam perut bumi yang sukses lolos dari susunan tidak tebal kerak bumi di lokasi kutub.

Teori yang diserahkan oleh Halley lalu diadopsi oleh ilmuwan terkenal yang lain, seseorang pakar matematika bernama Leonhard Euler (1707-1783) danJohn Leslie (1766-1832).

Bedanya, Euler menampik inspirasi ada sebagian bola konsentris seperti yang diserahkan Halley serta menggantikannya dengan satu bola berongga yang mempunyai matahari berdiameter 600 mil yang sediakan sinar serta panas untuk peradaban mengagumkan yang hidup di sana.

Di lain pihak, John Leslie memanglah berpendapat yang serupa dengan Euler. Bedanya, ia yakin bila matahari yang ada didalam bola berongga itu ada dua, bukanlah satu. Ia berikan keduanya nama Pluto serta Proserpine.

Lantas, teori hollow earth kembali diadopsi oleh John Cleves Symmes (1780) yang hingga akhir hayatnya memperjuangkan teori ini tanpa ada kenal capek.

Symmes yaitu bekas tentara serta entrepreneur. Ia juga yakin bila bumi ini mempunyai rongga serta jalan masuk menuju rongga itu ada di kutub utara serta selatan. Ia memprediksi jalan masuk ini mempunyai lebar 4. 000 mil serta 6. 000 mil.

Perjuangan Symmes bahkan juga hingga membuatnya sukses melobi kongres Amerika hingga presiden Amerika waktu, John Quincy Adams, menyepakati pendanaan ekspedisi menuju Antartika. Tetapi, sebelumnya pernah dikucurkan, presiden selanjutnya, Andrew Jackson, membekukan pendanaan itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *