Manfaat Minuman Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Published by: 0

Tanaman lidah buaya atau juga dikenal dengan aloe vera memang sudah sangat terkenal dengan manfaatnya sebagai herbal alami untuk kecantikan rambut dan manfaat lidah buaya untuk kulit. Banyak pula produk kosmetik yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan dasarnya. Namun rupanya beberapa penelitian medis mengungkap beberapa manfaat lidah buaya lain bagi kesehatan tubuh.

Selain digunakan sebagai bahan dasar kosmetik lidah buaya juga sudah banyak digunakan sebagai bahan dari minuman seperti jus, teh, dan minuman produksi pabrik lainnya. Dikarenakan kandungan nutrisi dan mineral yang dimiliki oleh lidah buaya, tanaman ini semakin populer untuk dikonsumsi. Apalagi tingkat kandungan antoksidan ekstrak lidah buaya sangat tinggi. Minuman yang berasal dari ekstrak lidah buaya seperti jus kaya akan asam amino dan asam lemak yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini merupakan manfaat minuman lidah buaya yang sebagian besar telah teruji secara klinis baik untuk kesehatan tubuh:

manfaat-lidah-buaya

  1. Meningkatkan energi
    Minuman lidah buaya dapat menjadi energy-booster alami. Kandungan nutrisi, mineral dan adaptogen di dalamnya menjadi faktor utama untuk meningkatkan energi tubuh. Adaptogen merupakan ramuan herbal yang diyakini dapat meningkatkan energi dan baik untuk mengurangi stres, rasa cemas, trauma, dan kelelahan.
  2. Mempercepat proses penyembuhan luka
    Minuman lidah buaya mengandung banyak vitamin diantaranya adalah vitamin B, C, dan E yang dapat berperan sebagai akselerator penyembuhan luka ringan.
  3. Anti-inflamasi
    Kandungan gibberin dan auki pada lidah buaya diyakini dapat bertindak sebagai anti-inflamasi. Selain itu minuman lidah buaya juga memiliki kandungan sterol (campesterol, lupeol, dan sitosterol) yang baik dalam mengurangi edema, nyeri, dan kemerahan.
  4. Anti-mikroba
    Menurut penelitian minuman lidah buaya memiliki kemampuan sebagai anti-mikroba. Hal ini dikarenakan lidah buaya memiliki kandungan fenol, asam sinamat, lupeol, asam salisilat, urea nitrogen, dan sulfur.
  5. Anti-puritik
    Minuman lidah buaya juga dapat berperan aktif membantu menghilangkan rasa gatal pada kulit (anti-puritik).
  6. Anti-piretik
    Peran minuman lidah buaya sebagai anti-piretik artinya minuman ini berguna untuk membantu menurunkan suhu tubuh dan baik dalam penyembuhan berbagai luka.
  7. Melawan virus herpes zoster
    Penelitian juga menemukan bahawa minuman yang berasal dari lidah buaya memiliki kemampuan yang cukup efektif dalam melawan virus herpes zoster. Herpes zoster merupakan suatu penyakit kulit yang diakibatkan oleh virus varicella-zoster. Virus ini cukup berbahaya karena tidak hanya menginfeksi kulit tapi juga jaringan saraf.
  8. Baik untuk sistem kekebalan
    Minuman ini juga bekerja dengan sangat baik dalam menjaga sistem kekebalan tubuh, mampu mengurangi massa tumor, dan menghambat perkembangan sel kanker.
  9. Menyehatkan kulit dan rambut
    Meminum minuman lidah buaya juga bisa menjadi alternatif alami untuk memperbaiki kondisi sel kulit yang rusak dan berkhasiat mencerahkan kulit. Dapat pula digunakan sebagai anti-aging. Selain itu kandungan nutrisinya mampu membantu dalam melawan infeksi bakteri dan jamur. Sedangkan khasiatnya untuk menstrimulasi pertumbuhan folikel rambut memang sudah sangat populer sejak dahulu.
  10. Detoks alami
    Minuman lidah buaya cukup efektif untuk mendetoksifikasi (pembersihan) racun di dalam tubuh. Racun terakumulasi di dalam tubuh manusia setiap harinya karena beberapa faktor seperti makanan, polusi udara, dan alkohol. Jika racun tersebut tidak dibersihkan dari dalam tubuh tentunya dapat mempengaruhi fungsi sitem dan organ tubuh. Kandungan mineral, vitamin, dan antioksidan di dalam lidah buaya dapat memberikan manfaat alami sebagai pembersih racun dalam tubuh.
  11. Menurunkan berat badan
    Manfaat menarik lainnya dari minuman lidah buaya ini adalah dapat bekerja efektif membersihkan perut, sistem pencernaan, serta berbagai subtansi yang dapat menjadi faktor kenaikan berat badan seperti lemak. Meski bisa menurunkan berat badan namun minuman ini tidak serta merta membuat badan menjadi terlalu kurus. Malah bisa mempertahankan berat badan yang ideal.
  12. Baik untuk gigi dan mulut
    Perannya sebagai anti-mikroba juga sangat efektif untuk membersihkan gigi dan gusi. Selain itu bisa juga digunakan sebagai penyegar mulut terutama bagi mereka yang ingin mencegah terjadinya bau mulut. Ditambah berguna untuk mengobati sariawan dan pendarah pada gusi. Jadi minuman lidah buaya ini bisa dikatakan memiliki paket perawatan gigi dan mulut yang lengkap.

Minuman lidah buaya memang memiliki begitu banyak manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Jadi tidak ada salahnya menjadikan minuman ini sebagai minuman herbal alami untuk mencukupi asupan nutrisi tubuh. Akan tetapi apabila dikonsumsi secara berlebihan atau dengan cara yang salah ekstrak lidah buaya beresiko memberi efek negatif bagi tubuh misalnya diare. Bagi beberapa orang yang mungkin memiliki alergi terhadap beberapa jenis makanan seperti bawang dan bawang putih juga beresiko memiliki alergi terhadap tumbuhan ini.

 

Sumber http://manfaat.co.id/manfaat-minuman-lidah-buaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *