manfaat Puasa Ramadan Untuk Badan, Jantung Sehat Sampai Turun Berat Tubuh

Published by: 0

Puasa Ramadan bukanlah sebatas aktivitas beribadah yang harus dikerjakan umat Muslim. Kian lebih itu, puasa memberi dampak mengagumkan untuk penambahan kesehatan badan. Bila dibarengi dengan diet yang sehat –mengonsumsi karbohidrat kompleks, protein, serat serta air putih waktu sahur serta berbuka, Anda dapat memperoleh faedah dari puasa yang lebih optimal.

Satu riset yang dikerjakan National Health Service di Inggris mengungkap dengan puasa, punya potensi melakukan perbaikan keadaan pasien diabetes bahkan juga melakukan perbaikan manfaat pankreas.

Ini empat faedah lainnya untuk kesehatan dengan puasa Ramadan, seperti di uraikan Dr Bishnu Charan Pattnaik, dokter dari Columbia Asia Hospital Setapak.

1. Membantun Melawan Radikal Bebas
Puasa bakal tingkatkan kekuatan badan kurangi stres oksidatif. Stres oksidafit yaitu keadaan dimana jumlah radikal bebas didalam badan melebihi kemampuan badan untuk menetralisirnya. Mengakibatkan menyebabkan rusaknya sel ataupun organ yang semakin banyak.

Dr Bishnu menerangkan seperti diambil dari Columbia Asia, saat tidak memperoleh makanan, badan bakal memakai cadangan lemak sebagai daya. Saat lemak digunakan jadi daya waktu berpuasa, badan bakal keluarkan senyawa kimia dari asam lemak serta dialirkan ke system badan untuk mengeliminasi radikal bebas lewat organ-organ badan seperti usus besar, ginjal, liver, paru-paru sampai kulit.

2. Turunkan Resiko Sakit Jantung
” Puasa dapat kurangi resiko penyakit kardiovaskular dengan turunkan tingkat cholesterol, stres oksidatif serta desakan darah, ” kata Dr. Bishnu.

Berdasar pada studi yang dimuat dalam British Journal of Diabetes and Vascular Disease, orang dengan obesitas atau diabetes type 2 yang rajin berpuasa bakal memperoleh faedah pembuluh darah serta kerja jantung yang tambah baik. Bila rajin puasa senin-kamis akan begitu berguna turunkan desakan darah, tingkatkan kekuatan badan dalam memproses glukosa juga mempercepat metabolisme.

3. Meredakan Nyeri Sendi
Ygoy melansir, puasa menolong meredakan nyeri pada persendian, untuk orang yang menanggung derita arthritis atau radang sendi. Satu riset tunjukkan, ada jalinan pada membaiknya radang sendi serta penambahan kekuatan sel netrofil dalam membasmi bakteri. Netrofil, atau sel penetral adalah unsur yang dapat menetralisir toksin ataupun bakteri penyebabnya radang sendi.

4. Turunkan Berat Tubuh
Walau tidaklah terlalu penting, puasa berguna juga untuk Anda yang menginginkan turunkan berat tubuh berlebihan. Dengan berpuasa, automatis kita bakal menahan hasrat untuk ngemil serta frekwensi makan juga menyusut. Namun ingat, sistem penurunan berat tubuh waktu berpuasa susah berlangsung bila waktu berbuka, Anda semakin banyak konsumsi makanan tinggi gula serta kalori dibanding sayuran serta buah. (hst/hst)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *