Mau Beli Mobil, Pilih DP Rendah atau Cicilan Murah?

Published by: 0

Screenshot_6

Untuk calon customer yang punya niat untuk beli mobil atau motor dengan cara credit, pastinya akan tergiur dengan dua program yang kerap di tawarkan dealer kendaraan, yakni program Down Payment (DP) rendah atau angsuran murah.

Bila diliat dengan cara sekilas, ke-2 program ini benar-benar sangat menolong calon customer yang mempunyai dana ‘pas-pasan’, untuk dapat meminang kendaraan yang diimpikannya.

Namun, dari dua program itu mana yang layak diambil?

Diterangkan Nurfitriavi, Associate Planner Tata Dana, untuk pilih pada DP rendah atau angsuran murah, mesti kembali simak keadaan keuangan semasing. Jadi, untuk tiap-tiap orang tentu mempunyai kepentingan yang tidak sama.

” Bila lagi ada tabungan cukup, serta telah terkumpul dapat tentukan DP besar. Begitu, angsurannya dapat lebih enteng serta tidaklah terlalu berat pengeluan per bulannya, ” terang wanita yang akrab disapa Fitri ini waktu dihubungi Liputan6. com, Kamis (23/3/2017).

Lanjut Fitri, untuk calon customer yg tidak mempunyai tabungan yang cukup, serta masihlah mempunyai sisa pendapatan yang besar, dapat tentukan DP rendah. Tetapi, angsuran per bulannya pastinya semakin besar.

” Sesungguhnya patokannya cuma satu, angsuran mobil atau motor per bln., ditambah dengan angsuran lain yang dipunyai, tak bisa kian lebih 30 % dari pendapatan atau upah per bln., ” imbuhnya.

Pengunjung lihat product mobil pada pameran kendaraan di satu diantara pusat perbelanjaan di Bandung, Sabtu (27/6). Bank Indonesia (BI) sudah menerbitkan ketentuan pelonggaran duit muka/DP untuk credit kepemilikan kendaraan bermotor (Liputan6. com/Helmi Afandi)
Keunggulan serta Kekurangan

Disamping itu, dari dua program itu, baik DP rendah maupun angsuran murah, tentu ada keunggulan serta kekurangnya. Untuk DP rendah, keunggulannya dapat beli mobil dengan cepat, tanpa ada mesti menanti tabungan terkumpul.

Tetapi, untuk kekurangan DP rendah, yang memiliki mobil tentu mempunyai angsuran per bln. yang tinggi, serta pilih periode waktu credit atau tenor yang panjang. Begitu, bunga yang perlu dibayar juga semakin banyak.

” Bila ditotal harga mobil serta duit yang kita bayar, dengan tenor yang panjang, jadi semakin besar serta mahal, ” terang Fitri.

Disamping itu, untuk yang pilih angsuran murah, kekurangannya mesti membayar DP besar, minimum 30 hingga 50 % dari harga mobil. Jadi, untuk mempunyai kendaraan mesti menanti lebih lama, minimum hingga tabungan terpenuhi untuk membayar DP.

” Namun, bayar angsuran per bulannya tak demikian berat, hingga kontan flow rumah tangga tak terganggu. Jadi, sisa duit bukan sekedar habis untuk bayar angsuran, masihlah ada sisa untuk ditabung atau investasi lain ” sarannya.

Butuh diingat, untuk periode waktu credit kendaraan baiknya tak kian lebih tiga th.. Pasalnya, bila telah kian lebih saat itu, telah banyak cost perawatan yang perlu di keluarkan.

” Bila kurang dari tiga th., bila ingin di jual harga nya masihlah oke, serta bunga credit yang dibayarkan juga tidaklah terlalu besar, ” selesainya.

 

Sumber: http://otomotif.liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *