Pulau Maratua pulau di Indonesia yang eksotik

Published by: 0

Screenshot030

Screenshot030

Pulau Maratua, satu diantara pulau paling luar Indonesia yang demikian eksotis. Pulau yang terdapat di Kalimantan Timur serta bersebelahan segera dengan Malaysia (Sabah) serta Filipina mempunyai atol serta koral yang demikian indah serta masihlah alami. Beberapa wisatawan yang mengunjunginya berikan julukan untuk Maratua sebagai Paradise Island atau firdaus. Apa yang menarik di Pulau Maratua?

 

 

Menuju Pulau Maratua

Pulau Maratua ada di Laut Sulawesi, tepatnya ada dibagian selatan kota Tarakan, Kalimantan Timur. Untuk menuju ke tempat ini, Anda mesti pergi lebih dahulu ke Bandara Juwutan di Tarakan. Sekarang ini telah terdapat banyak penerbangan menuju Tarakan.

Dari Tarakan, Anda bisa memakai pesawat menuju Bandara Tanjung Redeb di Kabupaten Berau. Dari Tanjung Redeb, Anda bisa memakai speed boat atau kapal penumpan menuju Pulau Maratua. Dengan speed boat bakal memerlukan saat sekitaran 3 jam menuju Pulau Maratua dari Tanjung Redeb.

Mengingat banyak wisatawan menginginkan berkunjung ke Pulau Maratua, jadi pada th. 2015, di Pulau Maratua ada Bandara Maratua. Hingga Anda dapat segera menuju Pulau Maratua dengan memakai pesawat dengan saat yang lebih singkat daripada memakai speed boat.

 

Kepulauan Derawan

Dengan speed boat, Anda dapat berkunjung ke sebagian pulau di Kepulauan Derawan terkecuali Maratua. Maratua adalah satu diantara 31 pulau yang ada di Kepulauan Derawan, yang masuk lokasi Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau populer di Kepulauan Derawan terkecuali Maratua yaitu Pulau Derawan, Pulau Samama, Pulau Sangalaki serta Pulau Kakaban.

Biasanya pulau-pulau yang lain di Kepulauan Derawan tak berpenghuni. Pulau Maratua mempunyai masyarakat sekitaran 3000 jiwa serta disana ada 4 desa dengan masyarakat asli Suku Bajo yang bekerja sebagai nelayan. Empat desa itu yaitu Desa Teluk Harapan, Desa Payungpayung, Desa Bohesilian serta Desa Teluk Alolo.

Di Kepulauan Derawan, Anda dapat temukan danau air asin yang termasuk juga satu diantara yang paling besar didunia. Di kepulauan ini dapat jadi tempat bertelur paling besar didunia dari penyu hijau. Di bawah ini lokasi-lokasi wisata menarik di Kepulauan Derawan :

  • Pulau Kakaban

Ada danau air payau paling besar didunia yakni Danau Kakaban. Didalam danau ini ada beragam type hewan yang unik yang sudah bermutasi untuk hidup di air payau.

  • Pulau Sangalaki

Di pulau ini Anda dapat melihat ikan pari raksasa, tempat bertelur penyu hijau serta bebarapa tempat menyelam yang demikian indah.

  • Pulau Derawan

Di sekitaran pulau ini dapat ada banyak tempat penyelaman yang demikian indah serta beragam warna.

 

Penyu Hijau

Di selama pantai Pulau Maratua populer sebagai tempat bertelur yang paling besar untuk penyu hijau. Beberapa ratus penyu bertelur di pulau ini tiap-tiap tahunnya. Mungkin saja dapat disebutkan tempat ini adalah ibukota untuk penyu hijau lantaran demikian banyak penyu hijau berkunjung ke Pulau Maratua.

 

Diving

Ya, di Kepulauan Derawan terutama Pulau Maratua jadi tempat snorkling serta diving yang demikian indah. Anda dapat lihat beragam terumbu karang yang beragam macam. Warna terumbu karang yang demikian indah bisa Anda dapatkan di laut sekitaran Pulau Maratua.

Sekurang-kurangnya ada 21 titik penyelaman yang dapat Anda cobalah disini. Semasing titik penyelaman mempunyai eksotisme sendiri. Bila Anda mujur, Anda dapat menjumpai segera penyu hijau serta ikan pari raksasa sembari menyelam ditempat ini.

Diantara 21 titik penyelaman (dive spot), ada dua titik penyelaman yang paling populer. Yang pantas diingat, arus di tempat ini cukup kuat serta lautnya begitu dalam, hingga Anda butuh lisensi spesial atau didampingi waktu menyelam ditempat ini. Ke-2 titik penyelaman itu yakni :

  • Turtle Traffic

Disini Anda dengan gampang menjumpai penyu hijau. Beberapa ratus penyu hijau kerap melintas di ruang ini.

  • Big Fish Country

Arus di tempat ini cukup kuat serta banyak ikan memiliki ukuran besar disini seperti pari raksasa, ikan tuna, serta hiu.

Bila Anda tak dapat menjumpai penyu atau ikan memiliki ukuran besar, tak perlu kecewa. Lantaran dive spot di Pulau Maratua senantiasa ada beragam binatang laut yang unik serta menarik. Sebagian salah satunya seperti ubur-ubur, kuda laut, gurita, lobster, cumi-cumi, barakuda serta bahkan juga hiu putih.

 

Kehidupan Suku Bajo

Terkecuali nikmati keindahan alam bawah laut, Anda dapat juga berhubungan dengan masyarakat setempat di Pulau Maratua. Anda dapat berkunjung ke 4 desa yang ada disini yang ditempati oleh masyarakat asli Suku Bajo.

Tempat tinggal kayu yang unik dari masyarakat setempat yang mempunyai matapencaharian sebagai nelayan ini pastinya dapat memberi kesan sendiri waktu berkunjung ke Pulau Maratua. Semua tempat tinggal di desa ini adalah tempat tinggal panggung serta dikaitkan oleh jembatan kayu diatas hamparan terumbu karang serta batu di dalam laut terlepas.

Anda juga mempunyai peluang untuk belajar dari langkah hidup yang unik dari Suku Bajo. Suku ini mempunyai ilmu dan pengetahuan yang tinggi untuk kehidupan maritim termasuk juga navigasi dengan bintang. Bahkan juga masyarakat disini begitu pakar dalam menyelam bebas dengan saat lama tanpa ada memakai pertolongan alat. Kehidupan tradisional dari orang-orang setempat bakal terkesan untuk Anda.

 

Akomodasi di Pulau Maratua

Terkecuali wisata bawah laut serta wisata budaya, Anda dapat juga nikmati keindahan pantai serta laut di Pulau Maratua. Bila Anda menginginkan tinggal lebih lama, Anda dapat pilih untuk tinggal dirumah masyarakat setempat atau di penginapan yang ada di Pulau Maratua. Satu diantara resor yang populer di Maratua yakni Maratua Paradise Resort yang mempunyai sebagian sarana resor berkelas seperti kamar dengan pendingin hawa, restoran, perlengkapan menyelam, serta penyewaan kapal.

Tempat penginapan yang lain yang paling dekat yakni di Pulau Derawan yakni Derawan Dive Resort dengan panorama laut yang demikian indah. Di resor ini dapat mempunyai sarana yang sama.

Tetapi ada pula penginapan homestay yakni bermalam di kamar-kamar yang disewakan oleh masyarakat setempat. Pastinya cost bermalam lebih murah serta Anda dapat lebih mengetahui kehidupan menarik dari masyarakat setempat.

 

Pulau Terluar yang Terkesan

Walau tempatnya di paling luar dari lokasi Indonesia, Pulau Maratua serta pulau yang lain di Kepulauan Derawan layak untuk dikunjungi. Terkecuali lihat keindahan alam baik diatas pulau ataupun keindahan alam bawah laut, Anda dapat juga belajar dari masyarakat setempat. Serta tentunya potensi wisata di Maratua selalu berkembang sebagai pulau yang terdapat di lokasi yang bersebelahan dengan Malaysia serta Filipina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *