Ramadhan Bisa Jadi Momen untuk Berhenti Merokok

Published by: 0

Screenshot_29

Berhenti merokok memanglah tidak semudah membalik telapak tangan. Tetapi, dengan kemauan yang kuat, melepas diri dari ketergantungan nikotin dapat dikerjakan. Peristiwa puasa di bln. Ramadhan mungkin saja saat yang cocok untuk berhenti merokok.

Menurut dr. Agus Dwi Susanto, Sp. P, kesusahan paling besar orang yang menginginkan berhenti merokok yaitu inisiasi atau saat awal untuk berhenti.

” Menurut penelitian serta riset di RS Persahabatan Jakarta, kesuksesan untuk berhenti merokok di pengaruhi oleh motivasi. Peristiwa Ramadhan dapat jadi pintu masuk yang bagus untuk berhenti merokok, ” kata dr. Agus saat dihubungi Kompas Lifestyle.

Dokter Agus menyampaikan, sistem berhenti merokok memanglah tidak dapat mendadak, walaupun terdapat banyak masalah yang dapat berhenti mendadak.

” Waktu orang merokok, mediator didalam badannya terinduksi hingga ia terasa nyaman. Umpamanya karna pelepasan hormon dopamin atau serotonin. Waktu berhenti merokok, kenyamanan itu berhenti hingga muncul beberapa gejala putus nikotin. Ini yang berat. Bila fase ini dapat dilalui, jadi setelah itu lebih gampang, ” tutur dokter spesialis paru dari RS Persahabatan Jakarta ini.

Waktu berpuasa sepanjang 12-14 jam, menurut dr. Agus sesungguhnya kandungan nikotin pada badan alami penurunan. Nikotin pada badan bertahan sepanjang 8 jam. Kandungan nikotin pada badan perokok ada pada titik paling tinggi di jam 10 malam serta terendah saat pagi hari sesudah bangun tidur.

” Maka dari itu perokok umumnya bangun tidur segera merokok karna nikotin di badannya turun, hingga ada tanda-tanda putus nikotin. Sepanjang bln. puasa, waktu sahur umumnya orang juga merokok hingga nikotinnya tidaklah terlalu rendah pada pagi hingga siang, ” tuturnya.

Fase withdrawal atau putus nikotin dapat mengakibatkan gejala-gejala seperti mual serta begitu menginginkan merokok. Tetapi, bln. puasa sesungguhnya dapat jadi aspek pendukung untuk lebih semangat melalui fase putus nikotin ini.

” Bln. puasa dapat jadi modal awal yang kuat, timing-nya juga pas, ” tuturnya.

Apabila menginginkan berhasil berhenti merokok, menurut dr. Agus baiknya waktu berbuka serta sahur janganlah merokok. Kemauan yang baik ini dapat semakin lebih gampang dilanjutkan sesudah bln. puasa selesai.

sumber : KOMPAS. com –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *