Segera Diganti apabila Filter Udara Kendaraan Sudah Hitam Pekat

Published by: 0

Filter udara ini sangat penting sekali ya, kalau tidak ada filter ini, maka udara yang masuk tidak bisa terfilter dengan baik, resiko yang terburuk adalah kendaraan kita bisa mogok.

Filter hawa kendaraan bermotor adalah perangkat utama untuk memberi hawa paling baik dalam sistem pembakaran. Karenanya, keadaan filter hawa mesti tetaplah sempurna.

sumber foto: montirgw. com

sumber foto: montirgw. com

Domestic Sales Sub Division Head ADR Grup Automotive Part Division yang menghasilkan filter Sakura, Rudy Soerjanto menyampaikan, memanglah pabrikan mobil merekomendasikan untuk ganti filter hawa tiap-tiap 20. 000 km sekali. Namun, dapat pula lebih cepat dari itu lantaran lingkungannya lebih kotor.

” Memanglah kadang-kadang katakan 20. 000 km. Namun bergantung dengan keadaan medannnya. Kita mesti saksikan, 5. 000 km keadaannya bagaimana, 10. 000 km bagaimana. Bila keadaannya telah hitam, itu bakal menghalangi kemampuan mesin. Terdapat beberapa aspek seperti polusi, lingkungan serta tempat. Misalnya bila kita di ruang tambang, 20. 000 km itu tentu telah ngeblok (keadaan filter hawa telah hitam pekat). Namun bila umpamanya di ruang pegunungan dsb tentu lebih bersih, ” kata Rudy.

Menurut dia, keadaan filter hawa gampang diliat. Bila diliat filter hawa telah kotor, cobalah untuk membersihkannya lewat cara diketuk-ketuk untuk turunkan partikel kasar.

” Diketuk-ketuk saja. Namun bila diketuk itu kan partikel besar yang bakal rontok. Bila yang partikel kecil kan telah didalam, ingin diketuk-ketuk seperti apapun dia tidak bakal keluar, ” kata Rudy.

Rudy merekomendasikan, waktu bersihkan filter hawa janganlah memakai penyemprot kompressor atau penyemprot apapun. Karenanya bakal mengakibatkan kerusakan filter hawa.

” Dianjurkan tidak untuk dispray (disemprot memakai alat apapun). Karenanya bakal jadi besar pori. Lantaran spray gun itu, bila memiliki bentuk mengerucut dia dapat bikin filter bolong, ” tutur Rudy.

Tetapi, bila keadaan filter udaranya telah tampak pekat walau telah dibikin bersih, sebaiknya filter hawa itu selekasnya ditukar. ” Bila dia telah terlihat hitam, pekat, padat, tambah baik ditukar. Lantaran bakal terpangaruh pada penggunaan bahan bakar, ” terang Rudy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *