Siswa SMK Ciptakan Aplikasi Wisata Belitung

Published by: 0

Screenshot_5

REPUBLIKA. CO. ID, BELITUNG — Go Digital Be The Best yang di luncurkan Menpar Arief Yahya mulai sejak Rakornas Oktober 2016 lantas selalu menggelinding. Seperti bola salju yang jadi membesar, inspirasi itu menggulung serta memengaruhi apa sajakah yang ada di sekitarnya.

Hingga hingga Menteri Pariwisata Thailand, Kopkarn Wattanavrangkul, minta session spesial belajar go digital-nya Arief Yahya. Bahkan juga Sekjen UNWTO Taleb Rifai, ‘dewanya’ pariwisata dunia, memohon Bekas Dirut PT Telkom itu untuk sharing pengetahuan, sharing jalan keluar, jadi narasumber di beberapa seminar pariwisata dunia.

Satu hal lagi, Program 10 destinasi prioritas serta Go Digital yang juga telah menggelinding itu rupanya selalu memberikan inspirasi banyak pihak. Satu diantaranya Rennaldy Protono. Siswa kelas XI SMKN 1 Tanjungpandan, Bangka Belitung itu yang berinovasi membuat aplikasi android ” Wisata Belitung “.

Aplikasi Wisata Belitung ini gagasannya bakal diikutkan pada arena pameran nasional tingkat SMK ” Pameran Inovasi Product SMK ” di Solo, 14 Mei 2017. Di Solo kelak, Rannaldy bakal ada mewakili Bangka Belitung.

” Penampilan aplikasi ini simpel, ada empat content aplikasi seperti destinasi wisata, hotel, restoran serta travel. Aplikasi ini bakal mempermudah wisatawan menuju tempat wisata yang ada di Bangka Belitung. Semuanya bisa diliat di aplikasi ini, ” kata remaja kelahiran 3 September 1999 ini.

Pada aplikasi android pertama yang dibuatnya ini, Rennaldy pilih monumen perjuangan Tugu Lima Pahlawan yang ada di pusat kota Tanjungpandan sebagai ikon aplikasi Wisata Belitung. Remaja yang memiliki pengalaman bikin system aplikasi penerimaan siswa baru serta perpustakaan SMKN 1 Tanjungpandan itu optimistis karyanya ini bakal berguna untuk industri pariwisata. Terlebih, Tanjung Kelayang yang ada di Bangka Belitung telah jadi destinasi wisata prioritas serta Lokasi Ekonomi Spesial (KEK) Pariwisata.

” Aplikasi ini masih tetap selalu diperkembang atau disempurnakan, ” tuturnya. ”Saya meyakini ini bakal berguna untuk wisatawan yang datang ke Bangka Belitung. ”

Menteri Pariwisata Arief Yahya suka dengan tindakan riil yang sudah dikerjakan Rennaldy. Menurut dia, mendigitalkan pariwisata telah adalah satu kewajiban.

” Pola hidup wisatawan beralih. Dari mulai mencari serta melihat-lihat info (look), lalu pesan paket wisata yang disukai (book) sampai membayar dengan cara on-line (pay), semuanya telah lewat digital. Janganlah lupa, 70% wisman lakukan search and berbagi memakai media digital, ” kata Menpar Arief Yahya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *